Perangkat Internal Komputer

Perangkat Internal Komputer - Buat kamu yang belum tahu tentang Perangkat Internal Komputer maka kami akan memberikan lengkap tentang pembahasan Perangkat Internal Komputer sehingga anda bisa tahu tentang sisten komputer apa saja untuk Internal Komputer itu. Perangkat keras yang menjadi “otak komputer” disebut CPU (Central Processing Unit). CPU ada di dalam kotak atau casing komputer dan umumnya hanya dapat dilihat jika kamu membuka casing-nya. Jika kamu menggunakan casing komputer yang tembus pandang, kamu dapat melihat CPU tanpa harus membuka casing. CPU dan beberapa komponen lainnya dapat dijumpai pada sebuah papan induk (mainboard) atau motherboard.

Pada motherbord, ada jalur-jalur tembaga yang menghubungkan setiap komponen. Motherboard diibaratkan seperti sebuah kota yang memiliki banyak bangunan. Adapun jalur-jalur tembaga bagaikan jalanjalan yang menghubungkan setiap bangunan. Jadi, ada banyak komponen yang dapat dijumpai pada sebuah motherboard. Beberapa komponen utama motherboard sebagai berikut.

  • CPU (Central Processing Unit) disebut juga prosesor. Prosesor adalah otak, dimana semua proses
    kerja komputer di olah oleh prosesor ini, dalam dunia PC dan Laptop terdapat 2 produsen utama prosesor yaitu AMD dan Intel
  • RAM (Random Acces Memory) atau memori komputer. RAM ini fungsinya sebagai media penyimpanan sementara semua proses komputerisasi yang terjadi. kalo RAM kita ibaratkan sebagai manusia, maka RAM berfungsi sebagai ingatan, sebagaimana lazimnya ingatan yang mudah hilang, maka proses simpanan data sementara pada RAM juga akan hilang begitu komputer dimatikan.
  • BIOS (Basic Input Output System) atau ROM.
  • Chipset, sekumpulan chip yang memiliki fungsi khusus.
  • VGA card atau graphics card. VGA fungsinya sebagai prosesor untuk mengolah grafis dan video dsb. Agar dapat menampilkan gambar dengan baik, memutar video, menjalankan software grafis seperti photoshop, 3dMax dlsb, apalagi memainkan game anda perlu perangkat keras yang satu ini, motherboard-motherboard zaman sekarang sebagian besar sudah dibenamkan video chipset secara default.
 Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheral biasanya berupa piranti input atau output. Untuk menghubungkan peripheral dengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface (antar muka). Umumnya, interface ini dapat dijumpai di belakang casing komputer. Tipe port interface sangatlah banyak. Penjelasan ilustrasi tipe port interface dan peripheral yang digunakan oleh komputer dapat dilihat pada tabel berikut.



No.
Gambar
Nama
Fungsi
Contoh
1.
Port Serial
Port untuk berbagai peralatan serial (serial device)
Mouse dan modem serial
2.
Port paralel
Port untuk berbagai peralatan
paralel (parallel device)
Printer, CD ROM eksternal
3.
Port PS/2
Port untuk
berbagai peralatan
standar PS/2
Keyboard dan mouse PS/2
4.
Port VGA
Port untuk piranti output
Monitor CRT LCD infocus
5.
Port USB
Port untuk berbagai peralatan
USB (Universial Serial Bus)
Mouse USB, keyboard USB, dan flash disk
6.
Port Audio
Port untuk berbagai peralatan audio
Pengeras suara, speaker, dan
line in
7.
Port RJ-
45 atau
Ethernet
Port untuk kabel jaringan
Kabel UTP/STP
8.
Port Fire
Wire
Port untuk menghubungkan
perangkat FireWire
Digital video
9.
Port SCSI
Port untuk menghubungkan perangkat SCSI
Printer, hard disk, tape backup

 Diatas adalah Perangkat Internal Komputer yang kami sampaikan kepada anda semua sehingga anda bisa mengenal tentang hadware Perangkat Internal Komputer tersebut, semoga bermanfaat buat pelajaran anda saat ini ya.

Related Posts:

0 Response to "Perangkat Internal Komputer"

Posting Komentar