Jenis Jenis Printer Yang Harus Kamu Kenali

a. Impact Printer
Impact printer merupakan printer yang membentuk karakter dengan menyentuh pita tinta hingga ke kertas. Macam-macam Impact printer sebagai berikut.
  • 1) Dot matrix printer. Jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya
    menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. Menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
  • 2) Daisy wheel printer. Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Cara bekerjanya relatif sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Namun kualitas huruf yang ditampilkan sangat bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik. Pada saat mencetak, printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan. Pada posisi seperti itu, hammer (palu/pemukul) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan. 
  • 3) Line printer. Line printer merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibandingkan dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini  ataupun mainframe computer. Huruf-huruf yang ada tersusun dalam sebuah drum-huruf yang mempunyai  panjang selebar kertas printer. Huruf-huruf pada drum printer ini akan  berputar secara cepat, untuk kemudian menempatkan huruf pada posisinya,  dan kemudian huruf-huruf tersebut akan menekan kertas sehingga  menimbulkan bekas pada kertas untuk satu baris pada saat yang bersamaan. Line  printer memang digunakan bukan untuk kualitas hurufnya,  tetapi yang diperlukan adalah kecepatannya dalam hal mencetak huruf  baris demi baris. Secara umum, line printer sanggup mencetak antara 300  hingga 6.000 line dalam satu menit (lpm) tergantung jenis dan merk  printer.
b. Non–Impact Printer
Non impact printer merupakan printer yang proses pencetakannya menyentuh langsung kertas. Printer yang termasuk Non impact printer sebagai berikut.
  • 1) Inkjet, bubble jet printer (printer yang menyemburkan tinta).Jenis printer Ink jet merupakan
    jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
  • 2) Solid ink printer. Printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Cara kerjanya adalah priinter melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas. Solid Ink printer. Jika dibandingkan dengan jenis – jenis printer lain, jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.
  • 3) Laser printer (printer yang menggunakan laser). Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.
  • 4) Thermal printer (printer yang membakar dot ke kertas khusus).Printer Thermal merupakan pilihan terbaik bag ikeluaran yang merupakan cetakan berwarna yang memiliki kwalitas tinggi. Untuk menghasilkan cetakan berwarna, printer thermal merupakan kertas yang berlapis lilin atau parafin dan panas yang akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut, kecuali untuk membuat cetakan hitam putih printer ini tidak memerlukan kertas berlin. Printer thermal merupakan printer mahal dan memerlukan kertas yang mahal, tetapi karena keindahan cetakannya tidak mengherankan bila banyak di gunakan untuk mencetak foto, cover CD, dan membuat cetakan-cetakan yang di inginkan bercitra eksklusif.
Saat ini anda sudah mengetahui tentang Jenis Jenis Printer sehingga anda tahu tentang Jenis printer tersebut dan anda bisa menjawab tentang soal Printer saat ini.

Related Posts:

0 Response to "Jenis Jenis Printer Yang Harus Kamu Kenali"

Posting Komentar