Mengenal Sistem Operasi

Mengenal Sistem Operasi - Memang banyakorang tahu tentang Sistem Operasi tetapi tidak semua orang mengetahui untuk bisa mengenam, maka kami akan membahas disini lengkap tentang Mengenal Sistem Operasi di laptop dan PC anda untuk itu simak disini. Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows dan Linux.Windows dan Linux merupakan dua buah sistem operasi yang berbeda. Oleh sebab itu aplikasi yang digunakan di Windows tidak dapat digunakan di Linux, begitu pula sebaliknya. Sistem operasi Windows XP dan Linux Ubuntu pun memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut pada tampilan desktop, bentuk tombol, bentuk ikon, jenis font (huruf), dan tampilan atau style. 

Sistem operasi Windows dan Linux menyediakan fasilitas pemakaian bersama. Maksudnya, beberapa user (pengguna komputer) dapat menggunakan sebuah komputer. Sistem operasi akan mengatur hak akses setiap user. Sistem operasi semacam ini disebut sebagai sistem operasi multiuser. Setiap user yang menggunakan Windows atau Linux harus memiliki identitas khusus yang disebut login atau account. Login dapat diibaratkan seperti nomor induk siswa. Setiap siswa harus memiliki nomor induk yang berbeda-beda. Nomor induk ini ditentukan oleh setiap sekolah. Tidak boleh nomor induk siswa yang sama. Jadi, setiap pengguna Windows atau Linux akan mendapat login yang berbeda-beda.
Pada sistem operasi multiuser ada user yang disebut superuser atau administrator atau root (dibaca: ruut). Administrator dapat diibaratkan seperti raja yang berhak mengatur user-user lain. Login administrator ini sudah ada ketika Windows XP diinstall. Administrator berhak menentukan login bagi setiap user. Agar login user tidak digunakan oleh orang lain maka setiap user akan diminta untuk menentukan password atau kata sandi. Biasanya, password ditentukan oleh administrator ketika membuat login user. Setelah login diberikan kepada user maka user dapat untuk mengubah password yang sesuai dengan keinginannya.
Hal yang sama juga berlaku pada Linux. Linux juga merupakan sistem operasi multiuser. Superuser di Linux dapat dikenali dengan login root. Jadi, root dapat membuat login user dan menentukan password user tersebut. Ketika kamu menggunakan komputer di laboratorium komputer, boleh jadi pengelola laboratorium telah menyediakan login khusus untuk kamu. Sebaiknya, informasi login atau password tidak diberitahukan kepada orang lain.
Ketika menggunakan Linux atau Windows bisa saja tidak ada permintaan untuk memasukkan login/password. Hal ini dapat terjadi karena administrator telah mengatur agar semua user dapat menggunakan komputer tanpa perlu mengetikkan login/password.
Ada sistem operasi nonmultiuser atau single user.  Sistem operasi seperti DOS dan Mac OS juga beberapa sistem lain merupakan contoh sistem operasi single user. Artinya, kamu tidak dapat membuat login lain pada sistem operasi single user. Semua orang dapat menggunakan sistem operasi single user. Sistem operasi single user tidak mengenal istilah superuser dan nonsuperuser.
Sistem operasi mengatur penyimpanan informasi di media penyimpanan. Salah satu media penyimpanan yang populer, yaitu hard disk. Windows dan Linux menyimpan informasi menggunakan file dan folder. Folder atau direktori dapat dimisalkan seperti laci lemari. Adapun file atau berkas dapat dianalogikan sebagai kertas. Semua informasi penting akan “ditulis” pada file, kemudian file disimpan di dalam folder.
Biasanya jenis file atau folder dapat dikenali dari bentuk ikon yang digunakan. Perhatikan contoh beberapa ikon file dan folder yang biasa digunakan oleh Windows dan Linux Ubuntu .
Ikon
Sistem Operasi
Keterangan
Windows XP
Ikon yang digunakan untuk folder. Setiap ikon folder menunjukkan jenis folder yang berbeda
Windows XP
Ikon yang digunakan untuk file. Setiap ikon file menunjukkan jenis file yang berbeda.
Linux Ubuntu
Ikon yang digunakan untuk folder. Setiap ikon folder menunjukkan jenis folder yang berbeda.
Linux Ubuntu
Ikon yang digunakan untuk file. Setiap ikon file menunjukkan jenis file yang berbeda.

Dasar Pengoperasian Windows
Secara umum tampilan Windows dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu desktop dan taskbar.

a. Desktop
Kamu dapat menemukan beberapa ikon. Ikon merupakan "lambang" suatu aplikasi, file (berkas), folder(direktori), dan printer. Pada sistem operasi Windows yang baru di–install biasanya pada desktop hanya ada sebuah ikon, yaitu ikon Recycle Bin.
b. Taskbar
Dalam kondisi normal, taskbar terdapat pada bagian bawah desktop. Kamu bisa mengubah lokasinya dengan melakukan penggeseran taskbar.
Perhatikan gambar taskbar Windows XP di atas, 
Komponen-komponen yang ada pada taskbar sebagai berikut.
  • Start button atau tombol Start, terletak di sebelah kiri.
  • Quick launch atau Shortcut Area, merupakan ikonikon aplikasi yang sering digunakan. Jika kursor
  • mouse digeser ke atas. Pada ikon akan muncul nama aplikasi yang diwakili oleh ikon tersebut. 
  • Open programs, berupa tombol-tombol aplikasi yang sedang dibuka.
  • Notification area, merupakan ikon-ikon aplikasi yang secara otomatis aktif pada saat Windows dinyalakan.
Pada desktop komputer, tombol Start merupakan tombol yang sangat penting. Sebagian besar aplikasi Windows dapat ditemukan dengan meng-klik tombol Start. Jika tombol Start ditekan maka akan muncul Start menu.

Amati gambar Start menu dengan saksama. Pada Start menu kamu dapat melihat menu lain. Arahkan kursor pada All Programs lalu klik tombol kiri mouse. Amati menu yang muncul. Ketika kamu membuka menu All Programs kamu akan menemukan menu-menu lainnya. Selanjutnya, bukalah sebuah aplikasi Windows Explorer. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan meng-klik All Programs, pilih Accessories, kemudian pilih Windows.


Setelah kamu meng-klik ikon Windows Explorer maka pada dektop muncul jendela Windows Explorer. Windows Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu : bagian kiri folder list berisi daftar folder, drive, printer,
dan computer network. Adapun bagian kanan berupa isi dari suatu folder, drive, printer, dan computer network. Pada bagian kanan inilah user dapat bekerja mengelola file dan folder.

Perhatikan kembali Gambar di atas Amati bagian jendela bagian kanan atas. Kamu dapat melihat ada 3 buah tombol. Ketiga tombol tersebut, yaitu tombol minimize, maximize, dan close. Untuk memahami fungsi tomboltombol tersebut silakan klik setiap tombol untuk melihat.

Dengan penjelasana tentang Mengenal Sistem Operasi tersebut anda sudah tahu dan pempelajari secara langsung tentang Sistem Operasi yang memang harus diketahui karena dengan adanya Sistem Operasi maka kebutuhan apa saja bisa terlaksana dengan sangat baik.

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Sistem Operasi"

Posting Komentar