Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1

Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 - Kami sampaikan untuk kamu semua tentang Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1  sehingga apa yang anda cari bisa anda ketahui langsung disini Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 karena kami memberikan Kumpulan Soal UKK, UTS, UAS, UNAS, UN, Semester Ganjil, Sementer Genap, Bank Soal ini untuk kamu semua untuk bisa kamu pelajari langsung sehingga saat ulangan anda bisa mengerti dan pastinya bisa menjawab semua soal yang diajukan sesuai dengan kelas ... tersebut.

Dapatkan Soal Latihan Ulangan Tengah Semester / UTS Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama/ SMP Kelas 7 Semester 1 Ganjil yang terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda/ pg serta berbasis kurikulum KTSP 2006.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d yang ada pada pertanyaan-pertanyaan berikut di lembar jawaban yang tersedia!

1. KOMPAS – Penduduk yang tinggal di hunian liar atau tak berizin yang tersebar di seluruh wilayah kota Solo diminta untuk pulang ke kampung asalnya. Sampai sekarang sudah tercacat sebanyak 3.605 keluarga yang tinggal di pemukiman liar yang sebagian besar para pendatang. Menurut Wakil Wali Kota Solo Hadi Ruyatmo, Pemkot Solo tidak akan member ganti rugi atau kompensasi dalam bentuk apapun kepada penghuni liar karena pada dasarnya mereka telah melakukan pelanggaran dengan tinggal di atas tanah negara.

Pernyataan berikut yang bukan merupakan hal-hal pokok kutipan teks berita di atas adalah .........

a. Permintaan Pemkot Solo kepada penghuni liar agar segera pulang kampung

b. Para penduduk penghuni liar sebagian besar pendatang

c. Pemkot Solo tidak akan memberi kompensasi apapun terhadap para penghuni liar

d. Secara keseluruhan para penghuni liar yang tersebar di kota Solo kurang lebih 2.605 kepala keluarga

2. Simpulan kutipan teks berita tersebut yang paling tepat ................

a. Penduduk hunian liar di seluruh wilayah kota Solo harus segera pulang kampung asal masing-masing

b. Pemerintah kota Solo menghimbau kepada para penghuni liar yang berada di seluruh wilayah kota Solo segera pulang ke daerah asalnya

c. Penduduk liar di seluruh wilayah kota Solo pada umumnya pendatang. Oleh karena itu dimohon segera pulang ke asalnya msing-masing. Pemkot Solo berjanji tidak akan memberikan ganti rugi

d. Kompensasi dalam bentuk apapun tidak akan diberikan oleh Pemkot Solo kepada para penghuni liar di seluruh wilayah kota Solo. Karena itu merupakan sebuah pelanggaran

3. (1) Suatu hari ketika keluargaku sedang menonton tayangan acara TV, terdengar deringan telepon cukup lama, tetapi tidak ada yang mengangkat. Aku yang sedang tertidur terusik oleh deringan tersebut. Aku bangun dan buru-buru mengangkat sambil halo......, tapi tidak ada jawaban. Ternyata suara telepon dari TV.

(2) Mereka menyandang senapan. Wak Kotok tahu bahwa dalam remang-remang diri dari mata buyung yang muda lebih tajam daripada matanya. Diapun tahu, meskipun tidak dilakukannya di depan umum, bahwa buyung lebih pandai menembak daripadanya.

(3) Orang tuanya sangat luas. Dia tidak boleh keluar rumah kecuali sekolah. Pulang dan perginyapun diantar sopirnya dan harus tepat waktu.Pekerjaan dan kegiatan apapun harus dilakukan dalam rumah. Hidupnya benar-benar bagai katak dalam tempurung.

(4) Dinginnya udara pagi masih menyelimuti bumi. Matahari pun tampak di ufuk timur. Di depan rumah yang berlokasi di depan jalan kampung Gunung Raya Tangerang, telah berdiri tiga orang laki-laki. Sambil memetik senar gitar yang dibawanya keluar suara yang memuakkan hati.

Cuplikan cerita di atas adalah yang bersumber dari pengalaman ditandai nomor ................

a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)

4. Suatu ketika di kelasku diadakan latihan ulangan Fisika untuk menghadapi tes Sumatif. Ibu guru memberikan kepada kami soal sebanyak 20 buah. Salah satu soal itu begini: Jika gabus dimasukkan ke dalam kolam, maka gabus akan ....................

Kami semua mengira gabus itu jenis ikan, yaitu ikan gabus. Oleh karena itu, kami mengisi soal tersebut dengan jawaban berenang.Pengalaman mengesankan yang terdapat dalam cuplikan cerita di atas adalah ....................

a. ulangan fisika untuk menghadapi tes sumatif c. soal ulangan yang membingungkan

b. jumlah soal ulangan yang terlalu banyak d. kata ”gabus” yang dikira “jenis ikan”

5. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa tentang makanan tradisional, OSIS akan mengadakan pelatihan pembuatan tahu Sumedang dan tauco Cianjur.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada,Hari, tanggal : Kamis, 21 Nopember 2012 Pukul : 09.00 s.d 12.00

Tempat : Ruang Keterampilan

Instruktur : Tim Koperasi Induk Propinsi Jawa Timur

Pernyataan yang sesuai dengan cuplikan pengumuman di atas adalah ................

a. Tahu sumedang perlu dikonsumsi terutama oleh para pelajar

b. setiap sekolah harus mengadakan pelatihan bagi para siswanya

c. OSIS akan mengadakan pelatihan pembuatan makanan-makanan tradisional

d. Tim koperasi induk bertugas memberikan pelatihan di sekolah-sekolah umum

6. Biaya pelatihan Rp. 50.000,00 sudah termasuk keperluan peralatan praktik, konsumsi, dan sertifikat. Kami harapkan para siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini. Atas partisipasi saudara-saudara kami ucapkan terima kasih.Kutipan pengumuman di atas mengemukakan ................

a. tujuan pelatihan c. proses pelaksanaan pelatihan

b. manfaat pelatihan d. syarat-syarat mengikuti pelatihan

7. Siswa yang berminat segera mendaftarkan diri kepada panitia di ruang OSIS pada jam-jam istirahat. Pendaftaran ditutup tanggal 20 Agustus 2012. Pertanyaan yang sesuai dengan kutipan pengumuman di atas adalah ................

a. Kapan pendaftaran itu ditutup? c. Siapa yang berminat mengikuti pelatihan?

b. Untuk apa pelatihan itu dilaksanakan? d. Mengapa harus ada pelatihan di ruang OSIS?

8. Kerakyatan yang dimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Penjedaan yang benar kalimat di atas adalah ................

a. Kerakyatan yang/dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan /dalam permusyawaratan/ perwakilan

b. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat /kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan

c. Kerakyatan /yang dipimpin oleh hikmat/ kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

d. Kerakyatan yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam /permusyawaratan perwakilan

9. Cara membaca teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang tepat adalah....

a. keras dan cepat c. intonasi tepat dan jeda tepat

b. keras tetapi pelan-pelan d. nada lembut dan temponya pelan

10. Penempatan tanda jeda berikut yang benar adalah ................

a. Dan oleh sebab /itu maka penjajahan di atas dunia /harus dihapuskan/ karena tidak sesuai dengan /peri kemanusiaan dan peri keadilan.

b. Dan oleh sebab itu /maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan /karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

c. Dan /oleh sebab itu /maka/ penjajahan di atas dunia /harus dihapuskan /karena /tidak sesuai dengan /peri kemanusiaan dan peri keadilan.

d. Dan oleh sebab itu /maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

11. (1) Senin, 2 Desember 2012

Aku berangkat sekolah dengan teman. Kurang lebih 200 m dari rumahku aku melihat orang yang terlentang di jalan dengan penuh berlumuran darah. Aku terus mengayuh sepedaku, karena bulu kudukku berdiri melihatnya

(2) Selasa, 3 Desember 2012

Tidak kubayangkan ternyata aku mendapat ucapan selamat dari teman-temanku dalam kelas.Semula aku bingung apa maksud taman-tamanku memberikan ucapan tersebut. Setelah salah satu temanku memberikan kertas aku baru sadar. Aku mendapat nilai ulangan terbaik mata pelajaran Bahasa Inggris.

(3) Rabu, 4 Desember 2012 Sepulang sekolah aku diajak ayah untuk pergi ke rumah nenek. Di perjalanan aku senang karena sepanjang jalan menuju rumah nenek pemandangannya indah . Lahan pertanian yang hijau subur membuat hatiku tenang. “Benar-benar Tuhan Maha Agung bisikku dalam hati”.

(4) Kamis, 5 Desember 2012

Aku bersama temanku pulang sekolah. Jarak sekolah ke rumahku kurang 5 km. biasanya kutempuh selama 20 menit aku sudah sampai di rumah. Entah apa kesalahanku pada hari itu, karena pada saat pulang tiba-tiba ban sepedaku pecah. Akan ditambal tidak mungkin karena bannya hancur.. mau beli baru uang tidak punya. Terpaksa aku tuntun sepeda itu sampai rumah.

Catatan buku harian di atas yang menggambarkan pengalaman menyedihkan terjadi pada hari .....

a. Senin dan Selasa b. Selasa dan Rabu c. Senin dan Kamis d. Rabu dan Kamis

12. Di sebuah padang rumput ada tiga ekor biri-biri bersaudara. Karena musim kemarau padang rumput mulai mengering. Ketiga biri-biri itu bingung dan mulai merasa khawatir. Badannya mulai menjadi kurus karena kurang makan. Akhirnya, mereka berunding untuk pindah ke tempat lain. Si Sulung mengusulkan agar mereka menyeberangi sungai yang ada titian di atasnya.

Cuplikan dongeng tersebut menceritakan ................

a. musim kemarau terjadi di daerah padang rumput

b. bencana kelaparan yang dialami biri-biri bersaudara

c. keakraban yang terjalin diantara nak-anak biri-biri

d. kebiasaan biri-biri memakan rumput yang kering

Selengkapnya Download Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 Disini ya

Semoga dengan pelajaran yang berharga ini tentang Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1 bisa menjadi bermanfaat kepada anda semua sehingga apa yang anda ketahui anda bisa mengerti yang sudah kami sampaikan diatas. semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan selamat belajar ya sobat.

Related Posts:

0 Response to "Soal Latihan UTS B. Indonesia SMP Kelas 7 Semester 1"

Posting Komentar